AUTOMATIC TRANSMISSION AND SEMI-AUTOMATIC TRANSMISSION
Malam Engineers, malam ini saya akan menjelaskan perbedaan Transmisi, dalam transmisi otomatis adalah transmisi yang melakukan perpindahan gigi percepatan otomatis. Untuk mengubah kecepatan dari sistem transmisi otomatis ini digunakan mekanisme gesekan dan tekanan minyak transmisi otomatis. Pada transmisi otomatis roda gigi planet berfungsi untuk mengubah kecepatan dan torsi serta gigi dalam transmisi manual.
Kecenderungan masyarakat untuk menggunakan transmisi otomatis telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk mobil mewah, dan bahkan jenis tertentu sudah transmisi otomatis penuh. Kecenderungan yang sama terjadi juga pada sepeda motor seperti Yamaha Mio, Honda Vario.
Kecenderungan masyarakat untuk menggunakan transmisi otomatis telah meningkat dalam beberapa tahun terakhir, terutama untuk mobil mewah, dan bahkan jenis tertentu sudah transmisi otomatis penuh. Kecenderungan yang sama terjadi juga pada sepeda motor seperti Yamaha Mio, Honda Vario.
Automatic transmission models:
Transmisi otomatis dikendalikan dengan hanya menggerakkan tuas untuk percepatan posisi tertentu. Posisi tuas transmisi otomatis diatur untuk mengikuti format PRND-3-2-L, karena ada dari kiri ke kanan atau dari atas ke bawah. Mesin dapat dihidupkan hanya pada posisi P atau N saja.
Modus Umum transmisi otomatis adalah sebagai berikut:
P (Park) posisi untuk kendaraan diparkir, transmisi terkunci dalam posisi ini sehingga kendaraan tidak bisa didorong.
R (Reverse), adalah posisi untuk membalikkan kendaraan.
N (Netral) adalah posisi gigi netral, hubungan mesin dengan roda dalam keadaan bebas.
D (Drive) adalah posisi untuk maju dalam kondisi normal.
2 / S (Second) adalah posisi untuk bergerak maju di medan pegunungan.
1 / L (Low) adalah posisi maju pada gigi ke satu, hanya digunakan ketika berkendara di medan yang sangat curam
Sementara opsional:
3 adalah posisi untuk maju dan transmisi tidak akan beralih pada posisi gear shift.
O / D (Over Drive) adalah posisi perpindahan gear transmisi yang terjadi pada kecepatan mesin yang lebih tinggi.
TRANSMISI SEMI-AUTOMATIC
Transmisi semi-otomatis adalah perpindahan gigi percepatan transmisi tanpa menginjak / menekan kopling, sistem ini menggunakan sensor elektronik, prosesor dan aktuator untuk memindahkan gigi percepatan atas perintah pengemudi. Sistem ini dikembangkan untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas di perkotaan. Transmisi semi-otomatis juga digunakan pada mobil sport mewah seperti digunakan Porsche, Maserati, Ferrari kadang-kadang ditempatkan pada setir untuk memfasilitasi percepatan pergerakan gigi.
penggunaan lain
Sepeda motor yang beredar di Indonesia pada awal tahun 1970 sampai sekarang umumnya menggunakan transmisi semi-otomatis yang sederhana, motor bebek sangat populer pada waktu itu baru saja mulai diproduksi dan dipasarkan motor transmisi otomatisseperti digunakan pada Yamaha Mio, Honda Vario.
Nama dagang transmisi semi-otomatis:
- Quickshift - Renault
- 2-tronic - Peugeot
- Allshift, Twin Clutch SST - Mitsubishi
- C-Matic - Citroën (Citroën CX dan Citroën GS)
- Easytronic - Opel
- Durashift EST - Ford
- Dualogic - Fiat
- MultiMode, SMT (Semi Manual Transmission) - Toyota
- I-SHIFT - Honda
- SensoDrive or EGS or BMP - Citroën
- Speedgear - Fiat
- Selespeed - Alfa Romeo, Fiat
- Softouch - Smart
- Sportronic - Mitsubishi
- Duo Select - Maserati
- Automatic Stickshift - Volkswagen
- Sequentronic - Mercedes-Benz
- SMG / SSG - BMW
- S-Tronic - Audi
- DSG (Direct Shift Gearbox) - Seat, Škoda, Volkswagen
- DCT - Volkswagen, Bugatti, Koenigsegg
- PDK (Porsche Doppelkupplungen) - Porsche
- AMT (Automated Manual Transmission) - Proton